Tampang

Tips Menghindari Hoax dan Menjadi Warganet yang Bijak

6 Mar 2018 19:17 wib. 1.754
0 0
Tips Menghindari Hoax dan Menjadi Warganet yang Bijak

Biasanya kita langsung percaya dengan foto dan video yang kita lihat. Padahal bisa jadi foto atau video tersebut adalah editan. Meskipun sangat meyakinkan, jangan terlalu mudah percaya pada foto atau video yang dibagikan melalui media sosial. Karena sekarang ini foto dan video editan bisa tidak bisa dibedakan lagi dengan foto atau video aslinya oleh orang awam karena keahlian para tukang edit. Jadi bisa jadi foto atau video yang kamu lihat adalah Hoax

  • Cari dan Bandingkan dengan Sumber Lain

Nah, jika kamu membaca sebuah berita dari sebuah sumber namun kamu kurang percaya dengan kebenaran berita itu, sebaiknya kamu membaca berita yang sama dari sumber yang lain. Selanjutnya kamu bandingkan, di mana menurutmu berita yang lebih valid dan terpercaya.

  • Jangan Buru – Buru Membagikan Berita

Di era media sosial sekarang, banyak orang cenderung ingin menjadi sumber pertama yang menyebarkan berita. Kebiasaan ini membuat kita tidak berpikir panjang dalam membagikan berita, padahal belum tentu berita itu benar.

  • Kritis dan Cuek

Bersikap kritis ketika mendapatkan sebuah berita akan menjadi perlindungan yang efektif untuk Kamu terhindar dari berita Hoax.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?