Tampang

Sistem Pusat Data Nasional Kini Sudah Pulih

26 Jun 2024 15:56 wib. 143
0 0
Sistem Pusat Data Nasional Kini Sudah Pulih
Sumber foto: google

Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Silmy Karim mengatakan, saat ini Server Pusat Data Nasional atau PDN Kementerian Komunikasi dan Informasi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang yang sempat down kini sudah kembali membaik. Namun, dengan upaya yang gigih dan kerja keras dari berbagai pihak, kini sistem pusat data nasional sudah kembali berjalan dengan normal.

Silmy Karim memastikan bahwa sistem tersebut sudah kembali bisa digunakan sejak Sabtu 22 Juni 2024 malam. Memang, pada Kamis 20 Juni 2024 kemarin sistem PDN down hingga mengalami pengularan antrian di Bandara Soetta."Dalam hal ini, saya mengapresiasi langkah recovery yang dilakukan rekan-rekan di imigrasi yang bertindak cepat dan bekerja 24 jam untuk memulihkan sistem imigrasi,” ujar Silmy Karim dalam keterangannya, Senin 24 Juni 2024.

Silmy menjelaskan ketika sistem mengalami gangguan berupa gangguan teknis maka hal itu bisa langsung bisa diperbaiki kurang lebih selama tiga jam. Namun, saat sistem mengalami gangguan dan terjadi kesalahan teknis hingga enam jam lebih, artinya ada dugaan berupa serangan siber."Permasalahan akibat serangan siber biasanya akan memakan waktu yang cukup lama, apalagi jika serangannya ransomware. Sehingga kami harus putuskan pindah data center demi pemulihan pelayanan publik dan juga faktor keamanan negara," kata dia.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.