Tampang

Jaksa AS Pertimbangkan untuk Memaksa Google Bubarkan Sebagian Bisnisnya

10 Okt 2024 05:33 wib. 69
0 0
Jaksa AS Pertimbangkan untuk Memaksa Google Bubarkan Sebagian Bisnisnya
Sumber foto: Unsplash.com

Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) mengungkapkan pertimbangan untuk memaksa Google menjual sebagian bisnisnya guna meredakan dampak dari dominasi pasar pencarian online. Upaya ini merupakan bagian dari kasus antimonopoli yang sedang berlangsung, yang dapat memiliki dampak besar terhadap struktur bisnis raksasa teknologi tersebut.

Dalam pengajuan pengadilan pada Selasa, jaksa antimonopoli menyampaikan bahwa Hakim Amit Mehta dapat memerintahkan Alphabet Inc, induk perusahaan Google, untuk menjual sebagian bisnisnya. Selain itu, jaksa juga mempertimbangkan untuk memberikan akses pada data yang digunakan oleh Google untuk hasil pencarian dan produk kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Departemen Kehakiman sedang mempertimbangkan berbagai perbaikan perilaku dan struktur yang dapat mencegah Google memanfaatkan produk-produknya secara ilegal, seperti Chrome, Play, dan Android, untuk menguntungkan bisnis pencarian online dan produk terkaitnya. Dorongan untuk melakukan perubahan ini disebutkan bertujuan untuk memberikan kesempatan lebih adil bagi pesaing atau perusahaan baru dalam pasar tersebut.

Pengajuan tersebut, yang berisi 32 halaman, merinci berbagai opsi yang dapat dipertimbangkan oleh hakim dalam menangani kasus ini. DoJ berencana akan menyampaikan proposal lebih rinci terkait perbaikan tersebut pada bulan depan. Langkah ini merupakan upaya paling signifikan untuk mengendalikan perusahaan teknologi besar atas monopoli ilegal sejak era kasus Microsoft Corp dua dekade lalu.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tips Merawat Kuku Saat Sibuk
0 Suka, 0 Komentar, 22 Feb 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.