Tampang

Bahaya Modus Penipuan Melalui Google Search: Perlindungan Data dan Rekening Anda

9 Sep 2024 05:47 wib. 52
0 0
Bahaya Modus Penipuan Melalui Google Search: Perlindungan Data dan Rekening Anda
Sumber foto: iStock

Modus penipuan di ruang digital semakin beragam. Selain platform WhatsApp, saat ini fitur Google Search juga dimanfaatkan hacker sebagai celah berbuat jahat. Modus penipuan melalui iklan jahat yang muncul di suatu website ini dijuluki malvertising.

Saat ini, modus penipuan melalui malvertising semakin berkembang pesat. Sekitar September tahun lalu, perusahaan software keamanan siber Malwarebytes menemukan ada peningkatan 42% dari bulan ke bulan skema penipuan malvertising di AS. Hal ini menunjukkan betapa seriusnya ancaman yang dapat merugikan banyak pihak.

Dalam modus penipuan ini, semua jenis merek bisa menjadi sasaran, baik untuk tujuan phishing atau untuk sekedar menyebarkan Malware. Potensi kerugian yang ditimbulkan sangat besar, dan hal ini semakin memperlihatkan kompleksitas dari ancaman keamanan digital pada saat ini. 

Direktur senior penelitian di Malwarebytes, Jérôme Segura, mengungkapkan, "Apa yang saya lihat hanyalah puncak gunung es.” Ini menandakan bahwa masalah ini tidak hanya sekedar isu kecil, tetapi menyiratkan adanya ancaman besar yang dapat merugikan banyak individu dan perusahaan.

Banyak dari iklan jahat ini muncul sebagai konten bersponsor pada kueri di desktop atau perangkat seluler browser. Kode berbahaya dapat disembunyikan dalam iklan yang muncul di situs web utama yang rutin dikunjungi konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa tidak hanya situs-situs kurang dikenal yang berpotensi membahayakan, tetapi juga situs-situs populer pun dapat menjadi sarang bagi aktivitas penipuan ini.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?