Tampang

Stasiun Bedono, Berusia Satu Abad dan Stasiun Tertinggi di Jawa Tengah.

31 Mar 2024 19:35 wib. 97
0 0
Stasiun Bedono, Berusia Satu Abad dan Stasiun Tertinggi di Jawa Tengah.
Sumber foto: inibaru.id

Stasiun Bedono, atau yang dikenal juga dengan Stasiun Bedono Semarang, merupakan satu-satunya stasiun di Indonesia yang telah mencapai usia satu abad lebih. Dibangun pada tahun 1873, stasiun ini masih tetap kokoh berdiri hingga saat ini. Meskipun kini sudah tidak berfungsi sebagai stasiun kereta api, namun Stasiun Bedono menyimpan cerita sejarah panjang tentang perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Berlokasi di Bedono, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Stasiun Bedono memiliki ketinggian 711 mdpl dan menjadi stasiun tertinggi ke-2 di Indonesia setelah stasiun Nagrek yang terletak di ketinggian 848 mdpl. Dengan letaknya yang berada di jalur selatan, stasiun ini termasuk dalam Daerah Operasi IV Semarang.

Sebagai stasiun yang telah berusia lebih dari 100 tahun, Stasiun Bedono tetap memukau dengan kekokohan fisik bangunannya. Arsitektur klasik yang masih terjaga memberi kesan monumental dan menceritakan kisah masa lalu yang begitu berharga.

Dalam perkembangannya, Stasiun Bedono kini telah menjadi salah satu objek wisata sejarah yang menarik di Jawa Tengah. Para pengunjung dapat mengagumi keindahan arsitektur tua bangunan stasiun serta mendalami jejak-jejak sejarah yang terkait dengan masa lalu perkeretaapian Indonesia.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Wejangan Sri Mulyani Untuk CPNS
0 Suka, 0 Komentar, 27 Mar 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?