Tampang

Hukum dan Penjabaran Membaca Surat Yasin Setiap Malam Jumat

11 Okt 2018 23:43 wib. 8.939
0 0
Hukum dan Penjabaran Membaca Surat Yasin Setiap Malam Jumat

Dimana Pendapat kedua menyatakan baca QS Yasin pada malam Jumat mubah (boleh) berdasarkan hadits tentang bolehnya mengkhususkan surat tertentu dibaca berulang-ulang di hari atau waktu tertentu.

“Ada seorang sahabat bernama Kaltsul bin Hadm yang setiap shalat membaca surat al-Ikhlas. Rasulullah Saw bertanya: "Apa yang membuatmu terus-menerus membaca surat al-Ikhlas ini setiap rakaat?". Kaltsul bin Hadm menjawab: "Saya senang dengan al-Ikhlas". Rasulullah bersabda: "Kesenanganmu pada surat itu memasukkanmu ke dalam surga" (HR al-Bukhari).

"Hadis ini adalah dalil diperbolehkannya menentukan membaca sebagian al-Quran berdasarkan kemauannya dan memperbanyak bacaan tersebut. Dan hal ini bukanlah pembiaran pada surat yang lain" (Fathul Bari).

Berdasarkan dali di atas, pendapat kedua ini menegaskan hukum memnaca QS Yasin pada malam Jumat diperbolehkan.

Demikian hukum membaca Al-Quran khusus Surat Yasin khusus tiap Malam Jumat, antara Bid'ah, Mubah, dan ada yang berpendapat Sunah. Wallahu a'lam bish-shawabi.

Namun apapun itu selama tidak menyimpang dari ajaran yang ada dalam al-Quran  semoga semua menjadi pahala kita di akhir hayat nanti,amin.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?