Tampang

Di Mana Kesalahan Jenderal Gatot Nurmantyo Saat Tampil di Rosi?

8 Mei 2017 15:45 wib. 4.767
0 0
Gatot Nurmantyo Sumber Kompas.com

“Nyasarnya” USS Vinson di perairan Indonesia di tengah memanasnya situasi nasional tersebut sedikit banyak mengingatkan pada kedatangan Kapal Induk USS Blelleau Wood di perairan Jakarta ketika krisis1998. Meski tanpa adanya pemberitaan tentang nyasarnya kapal induk Amerika di Selat Sunda, panasnya situasi ibu kota pun sudah bisa teraba dari bentrokan antara personel FPI dengan Banser di Kramat Lontar, Jakarta sehari jelang Pilgub DKI.

Jika aparat keamanan, termasuk intelijen lalai dalam menjalankan tugasnya, bentrokan FPI-Banser tersebut dapat menimbulkan konflik yang lebih besar. Faktanya, tidak terjadi bentrok susulan. Dan, putaran kedua Pilgub DKI 2017 dapat berjalan dengan aman. Maka sangat mengherankan kalau ada sejumlah kelompok yang terus menerus membuat situasi tetap memanas. Ironisnya, orang-orang di sekitar Presiden juga menjadi bagian dari kelompok yang mempertahankan kegaduhan di republik ini.

Meski situasi kembali mendingin, tetapi potensi terjadinya konflik belum benar-benar dapat dipadamkan. Terakhir, masyarakat Melayu di Kalimantan Barat menyuarakan protes kerasnya atas pidata Guberur Kalbar Cornelis MH yang dinilai telah menghina Islam. Cornelis yang juga kader PDIP, partai pendukung Jokowi dan Ahok ini pun mengalami pengusiran saat kunjungannya di Aceh pada 6 Meli 2017.

Situasi panas ini kemungkinan akan sulit dikendalikan mengingat ada satu kelompok masyarakat yang mengkalim kelompoknya sebagai pemilik sah dari NKRI dan Pancasila, Sebaliknya, kelompok ini memposisikan kelompok lainnya sebagai pengkhianat NKRI dan Pancasila.

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Upaya Modern dalam Pengembangan Al Quran
0 Suka, 0 Komentar, 11 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?