Tampang

Bahaya Percintaan Remaja di Masa Sekolah

14 Apr 2024 07:56 wib. 97
0 0
Cinta Remaja di Sekolah
Sumber foto: Google

Aspek sosial juga turut terpengaruh oleh percintaan remaja. Pertama, mungkin terjadinya isolasi sosial dimana remaja lebih banyak menghabiskan waktunya bersama pasangannya daripada bersosialisasi dengan teman-teman lainnya. Hal ini dapat mengganggu pembentukan hubungan sosial yang sehat di masa remaja. Kemudian, percintaan remaja juga dapat menyebabkan terjadinya konflik yang melibatkan teman-teman maupun keluarga, terutama jika percintaan tersebut dianggap tidak sesuai atau tidak diizinkan oleh orang tua.

Di sisi lain, Cyberbullying atau pelecehan secara online juga turut menjadi ancaman serius terkait dengan percintaan remaja di masa sekolah. Kehidupan percintaan remaja yang dipajang di media sosial, seringkali menjadi sasaran empuk bagi oknum yang tidak bertanggung jawab dalam menyebarkan fitnah, menghina, atau mengintimidasi pasangan remaja tersebut. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan dampak psikologis yang berujung pada depresi, bahkan tindakan menyimpang seperti bunuh diri.

Untuk itu, penting bagi orang tua dan pendidik untuk memberikan pemahaman yang baik kepada remaja mengenai bahaya percintaan di masa sekolah. Mereka perlu diberikan pengetahuan tentang pentingnya menjalani hubungan percintaan yang sehat dan bertanggung jawab. Mereka juga perlu diberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan mental dan fisik, serta mengutamakan pendidikan mereka.

Selain itu, perlunya pembentukan pola komunikasi yang terbuka antara orang tua dan remaja juga sangatlah penting. Dengan demikian, remaja dapat merasa nyaman untuk berbagi pengalaman dan mendapatkan saran dari orang tua mereka, sehingga dapat membantu mereka menghindari bahaya percintaan yang tidak sehat.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?