Tampang

Penyakit Anemia: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

21 Jun 2024 17:43 wib. 127
0 0
Penyakit Anemia
Sumber foto: Google

Anemia adalah kondisi medis yang ditandai dengan jumlah sel darah merah yang rendah, atau kadar hemoglobin dalam sel darah merah yang rendah. Kondisi ini dapat mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen yang cukup, sehingga menyebabkan gejala yang serius. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai penyakit anemia, mulai dari penyebab, gejala, hingga pengobatan yang dapat dilakukan.

Penyebab Anemia
Beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami anemia antara lain kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B12, kekurangan asam folat, gangguan dalam pembentukan sel darah merah, atau perdarahan yang berlebihan. Kondisi-kondisi tersebut dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memproduksi sel darah merah atau menjaga keseimbangan hemoglobin dalam darah.

Gejala Anemia
Gejala anemia bisa bervariasi tergantung pada tingkat keparahan kondisi tersebut. Gejala umum anemia antara lain kelelahan yang berlebihan, kulit pucat, sesak napas, detak jantung yang cepat, pusing, sakit kepala, dan kebingungan. Gejala lain yang mungkin muncul termasuk kulit kering, kuku rapuh, dan rambut rontok. Jika anemia tidak segera diobati, kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi serius seperti gagal jantung, pertumbuhan terhambat pada anak-anak, atau masalah pada kehamilan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.