Tampang

Mengapa Warna Kulit Telur Ayam Berbeda-beda?

1 Agu 2024 16:52 wib. 102
0 0
Mengapa Warna Kulit Telur Ayam Berbeda-beda?
Sumber foto: pinterest

Warna kulit telur ayam juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, seperti usia ayam, pola makan, dan kondisi lingkungan. Telur yang dihasilkan oleh ayam yang memiliki pola makan yang seimbang dan kondisi lingkungan yang baik cenderung memiliki warna kulit yang lebih cerah dan merata. Selain itu, usia ayam juga dapat memengaruhi warna kulit telur, dimana semakin tua ayam tersebut, semakin mungkin telur yang dihasilkan memiliki warna kulit yang lebih pucat.

Selain faktor genetik dan lingkungan, beberapa penelitian juga menemukan bahwa kandungan pigmen dalam makanan ayam dapat memengaruhi warna telur. Misalnya, pakan ayam yang mengandung karotenoid seperti xanthophyll dapat memberikan warna kuning pada kulit telur. Sehingga hasil analisis pigmen pada makanan ayam juga dapat mempengaruhi warna kulit telur.

Meskipun warna kulit telur ayam hanya merupakan faktor kosmetik dan tidak memengaruhi kualitas telur secara keseluruhan, namun ini menjadi hal menarik untuk diketahui bagi para pecinta telur maupun peternak ayam. Selain itu, warna kulit telur ayam juga memiliki peran dalam mempengaruhi preferensi konsumen terhadap telur. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumen cenderung lebih memilih telur dengan kulit berwarna daripada telur dengan kulit putih.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

felix siauw
0 Suka, 0 Komentar, 30 Des 2017
Jokowi Mau Gebuk PKI yang Mana?
0 Suka, 0 Komentar, 19 Mei 2017

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?