Tampang

Pengertian Fonologi: Memahami Penyelidikan Bunyi dalam Bahasa

11 Jun 2024 17:29 wib. 45
0 0
Pengertian Fonologi
Sumber foto: Google

Pengertian fonologi adalah cabang ilmu linguistik yang mempelajari sistem bunyi atau suara dalam bahasa dan cara bunyi tersebut digunakan untuk membentuk makna. Secara umum, fonologi membahas hubungan antara bunyi-bunyi bahasa dengan struktur dan makna linguistik. Dalam artikel ini, akan dibahas secara lebih mendalam tentang pengertian fonologi dan pentingnya dalam pemahaman bahasa.

Pengertian Fonologi

Fonologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu "phono-" yang berarti suara atau bunyi, dan "-logi" yang berarti ilmu pengetahuan. Jadi, fonologi dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan tentang bunyi atau suara. Fonologi bertujuan untuk mempelajari sistem bunyi dalam bahasa, bagaimana bunyi-bunyi tersebut diatur, dan bagaimana bunyi-bunyi tersebut mempengaruhi arti suatu kata atau kalimat.

Dalam fonologi, penelitian dilakukan terhadap bunyi-bunyi bahasa, baik vokal maupun konsonan, serta pola-pola bunyi yang muncul dalam bahasa tersebut. Selain itu, fonologi juga memperhatikan perbedaan bunyi yang mungkin terjadi dan bagaimana perbedaan tersebut memengaruhi makna dalam bahasa.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%