Tampang

Mengapa Menuntut Ilmu Wajib Bagi Umat Islam?

18 Jun 2024 09:23 wib. 43
0 0
menuntut ilmu
Sumber foto: pinterest

Menuntut ilmu merupakan salah satu aspek penting dalam agama Islam. Sejak zaman Rasulullah Muhammad SAW, umat Islam telah dituntut untuk mencari ilmu sebagai bagian dari ibadah, serta untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Dalam konteks ini, artikel ini akan membahas mengenai pentingnya menuntut ilmu bagi umat Islam, serta mengapa hal tersebut dianggap sebagai suatu kewajiban.

Pertama-tama, menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap umat Islam. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT menjelaskan, "Maka ketahuilah! Bahwa sesungguhnya tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Allah; dan mohonlah ampun bagi dosamu dan bagi ( dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Allah mengetahui gerak-gerikmu dan tempat istirahatmu" (QS. Muhammad [47]:19). Ayat ini menggarisbawahi pentingnya pengetahuan dan pengakuan terhadap keesaan Allah SWT yang hanya dapat dicapai melalui pengetahuan yang benar.

Selain itu, Rasulullah Muhammad SAW juga menjelaskan pentingnya ilmu dalam haditsnya. Beliau bersabda, "Tuntutlah ilmu dari ayunan sampai ke liang lahat." (HR. Al-Hakim). Hadits ini menegaskan bahwa pencarian ilmu harus dimulai sejak dini hingga akhir hayat, yang menunjukkan bahwa menuntut ilmu merupakan suatu proses yang berkelanjutan.

Menuntut ilmu juga merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas hidup. Dengan ilmu, umat Islam dapat memahami ajaran agama secara lebih baik, serta mengaplikasikan ajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, umat Islam dapat menjalani kehidupan yang bermakna dan sesuai dengan ajaran agama.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Terobosan Baterai Magnesium
0 Suka, 0 Komentar, 25 Agu 2017
Kendalikan Diri Dengan 5 Tips Ini
0 Suka, 0 Komentar, 5 Apr 2018
UMP Kaltim Menguntungkan Kaum Buruh
0 Suka, 0 Komentar, 3 Nov 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%