Tampang

Mega El Nino: Ancaman Baru bagi Kesehatan dan Kelangsungan Hidup Makhluk Bumi

16 Sep 2024 07:47 wib. 38
0 0
Mega El Nino: Ancaman Baru bagi Kesehatan dan Kelangsungan Hidup Makhluk Bumi
Sumber foto: iStock

Menurut laporan CNN Indonesia, sebuah tim internasional yang dipimpin oleh Ahli Geologi dari Universitas Geosains Tiongkok, Yadong Sun, memprediksi bahwa masa lalu kelam ini berpotensi terulang di masa sekarang. Peristiwa El Nino modern memiliki potensi membawa dampak serius bagi bumi, jika tidak ditangani dengan serius. Simulasi dari peristiwa kepunahan massal 250 juta tahun lalu, yang disebabkan oleh letusan gunung api di Siberia, memberikan gambaran yang mengerikan tentang bagaimana bencana alam dapat menghilangkan hampir seluruh spesies di darat dan laut.

Dalam keterangannya, para ahli juga mencatat bahwa perubahan cuaca yang tidak menentu dan ekstrem semakin sering terjadi. Banjir dan kekeringan secara tiba-tiba merajalela di beberapa negara. Kawasan Samudra Pasifik menjadi pusat perhatian, di mana suhu permukaan laut yang tinggi mengirimkan udara hangat dan lembap ke arah timur, menuju Amerika Selatan, sementara hawa kering menjalar ke arah barat, menyebabkan Australia dan Indonesia mengalami kekeringan.

Laporan dari Science Alert juga mengutip para ahli yang memperingatkan bahwa peristiwa El Nino modern bisa menjadi jauh lebih intens dan berlangsung lebih lama jika perubahan iklim terus terjadi. Hal ini tentu menyiratkan sebuah ancaman serius bagi berbagai ekosistem di seluruh dunia.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

kualitas laki
0 Suka, 0 Komentar, 30 Jun 2017

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?