Tampang

Deretan Negara Paling Inovatif di Dunia, RI Berhasil Naik Kelas

5 Okt 2024 18:45 wib. 37
0 0
Deretan Negara Paling Inovatif di Dunia, RI Berhasil Naik Kelas
Sumber foto: iStock

Selain itu, investasi litbang oleh perusahaan-perusahaan dengan pengeluaran terbesar di dunia juga turut mengalami perlambatan pertumbuhan. Jumlah kesepakatan modal ventura pun turun 9,5% pada tahun 2023, dengan nilai kesepakatan yang juga mengalami penurunan hingga 39%.

Hal ini juga terlihat di China, meskipun berhasil naik satu peringkat dalam peringkat global, namun industri modal ventura mengalami penurunan. Keprihatinan ini bahkan sampai ke tingkat pemerintahan, dimana Xi Jinping, penguasa Tiongkok, ingin mengetahui alasan di balik penurunan jumlah unicorn baru atau perusahaan rintisan yang tidak terdaftar dengan nilai di atas US$1 miliar.

Dalam rangka untuk mendorong pertumbuhan inovasi, perlu adanya upaya baik dari pemerintah maupun sektor swasta. Dukungan dalam bidang penelitian dan pengembangan teknologi, pelatihan tenaga kerja yang kompeten, serta perbaikan regulasi terkait kekayaan intelektual menjadi kunci utama dalam meningkatkan daya saing suatu negara dalam dunia inovasi global.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.