Tampang

Peran Nutrisi dalam Prestasi Olahraga

4 Jul 2024 21:38 wib. 219
0 0
Peran Nutrisi dalam Prestasi Olahraga
Sumber foto: google

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral adalah mikronutrien yang penting bagi fungsi tubuh yang optimal. Vitamin C, misalnya, membantu dalam penyembuhan luka dan fungsi kekebalan tubuh, sementara vitamin D penting untuk kesehatan tulang. Mineral seperti kalsium dan besi juga sangat penting. Kalsium mendukung kesehatan tulang dan otot, sedangkan besi membantu dalam transportasi oksigen ke seluruh tubuh.

Atlet harus memastikan bahwa mereka mendapatkan berbagai macam vitamin dan mineral dari diet seimbang yang mencakup buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein. Suplemen bisa membantu, tetapi sebaiknya digunakan di bawah pengawasan ahli gizi atau profesional kesehatan.

Timing Makan

Kapan makan juga sama pentingnya dengan apa yang dimakan. Mengatur waktu makan dengan tepat dapat membantu dalam menyediakan energi yang diperlukan dan mendukung pemulihan. Sebelum latihan atau pertandingan, makan yang mengandung karbohidrat dan sedikit protein bisa membantu menyediakan energi yang dibutuhkan. Setelah latihan, makan yang kaya protein membantu dalam pemulihan otot.

Camilan sehat juga bisa memainkan peran penting dalam menjaga energi sepanjang hari. Buah, yogurt, dan kacang-kacangan adalah pilihan camilan yang baik untuk atlet.

Personalized Nutrition

Setiap atlet adalah unik, dan kebutuhan nutrisi mereka bisa berbeda-beda tergantung pada jenis olahraga, intensitas latihan, dan kebutuhan individu. Oleh karena itu, banyak atlet bekerja dengan ahli gizi untuk membuat rencana makan yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Rencana ini mungkin mencakup jumlah kalori harian, jenis makanan, dan waktu makan yang optimal.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Nasi Uduk Dki Jakarta
0 Suka, 0 Komentar, 23 Jul 2024
Agnez Mo Masuk Majalah Vogue, Lagi?
0 Suka, 0 Komentar, 13 Okt 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.