Tampang

TNBTS Larang Wisatawan Dirikan Tenda di Kawasan Gunung Bromo

24 Jul 2024 20:56 wib. 98
0 0
TNBTS Larang Wisatawan Dirikan Tenda di Kawasan Gunung Bromo
Sumber foto: google

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) memutuskan untuk melarang para wisatawan yang berkunjung ke kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur, untuk mendirikan tenda di seluruh kawasan gunung dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut. Ketua Tim Data Evaluasi Kehumasan Balai Besar TNBTS, Hendra Wisantara, menjelaskan bahwa larangan tersebut berlaku hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Menurut Hendra, aktivitas perkemahan sebenarnya tidak diperbolehkan di kawasan Gunung Bromo, kecuali di kawasan Mentingen. Namun, saat ini, larangan berkemah tersebut juga diterapkan di kawasan Mentingen karena kondisi lokasi yang kurang memadai. Hendra menambahkan bahwa hal ini dilakukan karena faktor-faktor seperti sarana prasarana yang belum memadai untuk berkemah, masalah sampah yang menumpuk, dan juga sebagai upaya mencegah potensi kebakaran hutan dan lahan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Balai Besar TNBTS memutuskan untuk tidak lagi mengizinkan pendirian tenda atau berkemah dengan alasan apapun, dikarenakan kondisi yang ada saat ini kurang memadai. Hal ini sejalan dengan upaya pencegahan potensi kebakaran hutan di kawasan tersebut.

Gunung Bromo merupakan destinasi wisata unggulan di wilayah Jawa Timur. Pada tahun 2023, jumlah kunjungan ke taman nasional ini mencapai 368.507 wisatawan, dengan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) senilai Rp14,70 miliar. Namun, pada saat ini, larangan pendirian tenda di kawasan Gunung Bromo tentu akan berdampak pada pengalaman wisata dan aktivitas selama berkunjung ke tempat tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?