Tampang

Tips Investasi untuk Ibu-Ibu, Awas Terjerat Pinjol Ilegal

27 Jul 2024 06:25 wib. 111
0 0
Tips Investasi untuk Ibu-Ibu, Awas Terjerat Pinjol Ilegal
Sumber foto: website

   Berkembangnya literasi dan inklusi keuangan di kalangan ibu-ibu akan membantu mereka untuk menghindari investasi ilegal dan pinjaman online yang berujung pada permasalahan finansial. Prasetya menyatakan, “Literasi dan inklusi keuangan ini memberikan tiga modal, yaitu finansial, intelektual, dan sosial dengan membangun jejaring usaha sesama anggota, sehingga ibu-ibu mampu memahami risiko dari investasi, sehingga tidak sampai terjebak pada investasi ilegal, apalagi terlilit oleh pinjaman online ilegal.” Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman terhadap investasi dan kemampuan finansial dapat memberikan perlindungan bagi ibu-ibu dari berbagai ancaman dalam dunia investasi.

Dalam menghadapi semakin banyaknya tawaran investasi yang terkadang menggiurkan namun ilegal, ibu-ibu perlu memahami tips dan trik yang bisa membantu mereka menghindari jebakan dari pinjaman online ilegal. Salah satu tips yang perlu diperhatikan adalah memahami dengan baik bagaimana proses investasi bekerja, memahami tujuan investasi, serta memahami produk investasi yang ditawarkan, baik dari segi risiko, keuntungan, maupun mekanisme pengembaliannya.

   Selain itu, ibu-ibu juga perlu memahami pentingnya diversifikasi dalam investasi, yakni membagi modalnya ke berbagai jenis aset atau produk investasi. Dengan cara ini, risiko yang dihadapi akan lebih terdiversifikasi, sehingga bila salah satu investasi mengalami kerugian, kerugian tersebut tidak akan terlalu berdampak secara signifikan pada keseluruhan portofolio investasi.

Selain literasi keuangan, ibu-ibu juga perlu memahami pentingnya untuk tidak mengandalkan investasi satu sumber. Diversifikasi investasi adalah langkah yang tepat untuk mengelola risiko. Oleh karena itu, sebaiknya ibu-ibu tidak menempatkan seluruh modal pada satu investasi saja, melainkan membagi investasi ke dalam beberapa instrumen investasi yang berbeda.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Bakso
0 Suka, 0 Komentar, 11 Apr 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?