Tampang

Ternyata Pesawat Memicu "Kiamat" Bumi, Ini Buktinya

26 Sep 2024 19:34 wib. 24
0 0
Ternyata Pesawat Memicu "Kiamat" Bumi, Ini Buktinya
Sumber foto: iStock

Menurut studi tahun 2021, jejak kondensasi dapat membentuk hingga 57% dari dampak penerbangan pada pemanasan global, jauh lebih banyak daripada emisi CO2 dari pembakaran bahan bakar. Namun, perlu diperhatikan bahwa emisi tersebut memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan dengan CO2, sehingga dampaknya terhadap pemanasan global dapat berkurang dengan cepat.

Namun, tidak semua penerbangan menghasilkan contrails. Hal ini bergantung pada kondisi cuaca dan lintasan penerbangan. Sebagai contoh, Air France melaporkan bahwa hanya 4% penerbangan yang bertanggung jawab atas sekitar 80% dampak jejak kondensasi maskapai terhadap pemanasan global. Hal ini didasari oleh hasil lebih dari 3.000 pengamatan yang dilakukan selama 18 bulan untuk menghindari wilayah terbang yang beresiko akibat kondisi cuaca yang tidak mendukung.

Menurut laporan University of Cambridge, penerapan sistem penghindaran jejak kondensasi global dapat mengurangi dampak penerbangan terhadap iklim hingga 40%. Namun, pemberlakuan sistem ini di masa depan dianggap akan semakin sulit dengan semakin banyaknya penerbangan di udara. Irene Boyer-Souchet, perwakilan dari Air France, menyebutkan bahwa semakin rumitnya penerapan sistem penghindaran jejak kondensasi di masa depan dapat menjadi tantangan tersendiri.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Bolehkah Bermain Music
0 Suka, 0 Komentar, 5 Mei 2024
Umat Islam
0 Suka, 0 Komentar, 23 Mar 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.