Tampang

Soal Sengketa Tanah Dengan Warga Di IKN, Pemerintah Mengaku Siap Mengalah

4 Jun 2024 10:45 wib. 93
0 0
Soal Sengketa Tanah Dengan Warga Di IKN, Pemerintah Mengaku Siap Mengalah
Sumber foto: liputan6.com

Masalah status tanah di Kawasan Strategis Industri Kendal (IKN) masih menjadi perhatian utama, terutama terkait sengketa lahan antara pemerintah dan warga yang tinggal di wilayah tersebut. Diperkirakan sekitar 2.086 hektare lahan di IKN belum sepenuhnya clear, menciptakan ketidakpastian bagi para penduduk setempat. 

Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono, menegaskan bahwa Presiden Jokowi telah memberikan arahan untuk menemukan solusi terbaik terkait sengketa tanah ini. Salah satu upaya yang disoroti adalah melalui program Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan (PDSK) plus, yang mencakup pemberian kompensasi kepada warga terdampak.

"Permasalahan ini harus segera kita selesaikan sesuai dengan arahan dari Presiden, agar pembangunan di IKN tetap berjalan lancar. Namun, jika tidak bisa diselesaikan dengan baik, kita harus siap untuk mengalah," ungkap Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (3/6/2024). 

Meskipun demikian, Basuki menegaskan bahwa menggusur warga bukanlah satu-satunya opsi yang dipertimbangkan. Keputusan akhir akan bergantung pada keputusan masing-masing warga, apakah mereka memilih bertahan atau menerima kompensasi untuk pindah.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

BNN Temukan Boneka Isi Ganja
0 Suka, 0 Komentar, 4 Jun 2017
Lowongan Kerja CPNS Kemenkeu
0 Suka, 0 Komentar, 4 Nov 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%