Tampang

Pemicu Gempa Bandung: Apa Itu Sesar Garsela & Seberapa Bahaya?

19 Sep 2024 09:05 wib. 26
0 0
Pemicu Gempa Bandung: Apa Itu Sesar Garsela & Seberapa Bahaya?
Sumber foto: iStock

Gempa bumi telah mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dengan magnitudo 5 pada Rabu (18/9/2024) pukul 09:41 WIB. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan bahwa gempa tersebut terjadi pada kedalaman 10 kilometer, 7.19 lintang selatan (LS), dan 107.67 bujur timur (BT). Pusat gempa berada di darat dan tidak berpotensi tsunami.

Selain dirasakan di Kabupaten Bandung, gempa juga dirasakan di Kabupaten Garut hingga Kabupaten Bandung Barat. BNPB menyatakan bahwa gempa tersebut dirasakan kuat selama 3-5 detik di Kabupaten Bandung, sementara di Kabupaten Garut dirasakan sedang dan di Kabupaten Bandung Barat dirasakan sedang pula.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono, menyatakan bahwa Sesar Garut Selatan (Garsela) telah memicu rangkaian gempa bumi dangkal di Bandung pada pagi hari tersebut. Sesar Garsela atau Sesar Garut Selatan adalah sesar aktif yang terletak di wilayah Jawa Barat bagian selatan. Sesar ini memiliki struktur memanjang dari selatan Garut hingga selatan Bandung sepanjang 42 km, dengan dua segmen yaitu segmen Rakutai (utara) sepanjang 19 km dan segmen Kencana (selatan) sepanjang 17 km. Aktivitas gempa yang terjadi di zona sesar Garsela memiliki mekanisme sumber sesar geser (strike slip).

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?