Tampang

Pabrik Tembaga Terbesar Dunia Beroperasi di RI

28 Jun 2024 11:58 wib. 48
0 0
Pabrik Tembaga Terbesar Dunia Beroperasi di RI
Sumber foto: iStock

Indonesia kini telah menjadi tuan rumah bagi fasilitas pemurnian dan pengolahan tembaga terbesar di dunia. Pabrik tembaga raksasa tersebut dimiliki oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) dan terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur, dengan luas area mencapai 100 hektare. Pabrik tembaga ini secara resmi mulai beroperasi pada Kamis (27/6/2024).

Freeport sebelumnya telah memiliki smelter pertamanya, yakni PT Smelting, yang memiliki kapasitas produksi sebesar 1,3 juta ton konsentrat tembaga per tahun. Dengan diresmikannya smelter kedua Freeport, kapasitas pemrosesan konsentrat tembaga meningkat menjadi 1,7 juta ton per tahun. PTFI secara bertahap akan mampu menyerap 3 juta ton konsentrat tembaga menjadi katoda tembaga setiap tahun.

Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas, menjelaskan bahwa smelter baru ini diharapkan mulai memproduksi katoda tembaga pada bulan Agustus setelah 6-10 minggu dari pengoperasian untuk memanaskan furnacenya. Setelah itu, konsentrat tembaga akan diolah menjadi katoda tembaga dan dibawa ke electro refinery untuk proses selanjutnya. Diperkirakan, smelter akan mencapai kapasitas maksimal pada Desember 2024 mendatang.

Berikut adalah 5 fakta menarik terkait pabrik tembaga raksasa Freeport di Indonesia:

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%