Tampang

Mengejutkan, Ternyata Indonesia Memiliki Ekosistem Terumbu Karang Terluas di Dunia

7 Jun 2024 17:36 wib. 59
0 0
Terumbu Karang

 Indonesia, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki banyak potensi kekayaan alam yang tak terbatas, terutama di sektor pariwisata maritim. Berbagai keindahan laut yang ditawarkan oleh Indonesia mampu menarik perhatian dunia, membuatnya menjadi topik hangat yang menarik untuk dibahas menjelang dan saat memperingati Hari Laut Sedunia, yang jatuh pada setiap 8 Juni.

Mengulik lebih dalam, tak hanya pemandangan alam pegunungan yang sejuk, tapi juga keindahan pemandangan laut yang menjadi daya tarik utama sektor pariwisata Indonesia. Keindahan laut Indonesia bukanlah hal yang main-main, melainkan fakta menarik yang bisa membuat kita bangga. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang laut Indonesia yang patut untuk diketahui:

## Negara Kepulauan Terbesar di Dunia
Indonesia memiliki wilayah laut yang sangat luas, meliputi Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), laut teritorial, dan wilayah lainnya yang termasuk dalam batas yurisdiksi Indonesia. Luas laut Indonesia mencapai lebih dari 5,8 juta kilometer persegi, menjadikannya sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.

## Terumbu Karang Terluas di Dunia
Indonesia memiliki kekayaan terumbu karang terluas di dunia, dengan perkiraan mencapai lebih dari 51 ribu kilometer persegi. Hal ini setara dengan 18% dari total terumbu karang di dunia yang diperkirakan mencapai 284,3 kilometer persegi. Lebih menarik lagi, Indonesia masuk dalam kawasan Coral Triangle, yang merupakan rumah bagi berbagai keanekaragaman terumbu karang.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%