Tampang

Mengejutkan, Ternyata Indonesia Memiliki Ekosistem Terumbu Karang Terluas di Dunia

7 Jun 2024 17:36 wib. 64
0 0
Terumbu Karang

## Habitat Penyu Terbanyak di Dunia
Indonesia juga menjadi habitat penyu terbanyak di dunia. Dari 7 spesies penyu dunia, 6 di antaranya bisa ditemui di Indonesia. Beberapa jenis penyu yang ditemui di perairan Indonesia antara lain adalah penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), penyu pipih (Natator depressus), dan penyu tempayan (Caretta caretta). Peran Indonesia sebagai habitat penyu terbanyak ini merupakan kekayaan alam yang patut dijaga.

## Tujuan Utama Menyelam
Indonesia menjadi tujuan utama untuk para penyelam karena keindahan bawah lautnya yang menakjubkan. Salah satu spot menyelam yang paling terkenal di Indonesia adalah Pulau Misool, Raja Ampat. Pulau Misool memiliki sepertiga dari total karang di dunia. Keberagaman biota laut yang ada di Pulau Misool juga sangat memukau, mulai dari ribuan ikan hias, penyu, hiu, hingga deretan terumbu karang yang indah.

## Arus yang Besar untuk Surfing
Fakta menarik lainnya adalah bahwa Indonesia memiliki arus yang besar, menjadikannya sebagai salah satu destinasi selancar atau surfing kelas dunia. Bukanlah hal yang aneh jika Indonesia sering dijadikan tuan rumah kejuaraan surfing internasional. Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat adalah salah satu lokasi berselancar yang paling terkenal di Indonesia, khususnya Pulau Sipora yang memiliki ombak setinggi 7 meter.

Tak hanya Kepulauan Mentawai, pantai-pantai di Indonesia seperti Tanjung Setia, Lampung; Pantai Sorake, Nias; serta Pantai Plengkung, Banyuwangi juga menjadi incaran peselancar dari berbagai penjuru dunia.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%