Tampang

Kondisi Tenda Jemaah Haji di Mina: Tidur di Lorong, Antre Toilet Sampai 2 Jam

19 Jun 2024 20:01 wib. 60
0 0
Kondisi Tenda Jemaah Haji Indonesia di Mina
Sumber foto: google

Tidak hanya itu, persoalan tenda juga menjadi permasalahan di antara kloter-kloter jemaah. Salah satu ketua kloter bahkan mengungkapkan adanya perselisihan antar kloter karena pembagian tenda yang tidak merata, sehingga beberapa jemaah terpaksa ditempatkan di tempat yang kurang layak.

Ace Hasan Sadzily, anggota Timwas Haji DPR dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR Fraksi Golkar, menyampaikan bahwa evaluasi penyelenggaraan haji 2024 harus dilakukan untuk perbaikan. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi yang memprihatinkan ini perlu mendapat perhatian serius dari pihak terkait.

Cak Imin juga menyoroti masalah rasio kamar mandi yang tidak seimbang dengan jumlah jemaah, menyebabkan antrean panjang hingga ada jemaah yang pingsan. Kebersihan di tenda dan toilet juga menjadi sorotan, karena harusnya menjadi prioritas untuk menjaga kesehatan serta kenyamanan para jemaah yang sedang menjalankan ibadah haji.

Dalam konteks ini, Cak Imin menegaskan bahwa Kementerian Agama (Kemenag) seharusnya memperhitungkan rasio kebutuhan toilet dengan jumlah jemaah, mengingat jumlah jemaah Indonesia yang mencapai 241 ribu orang. Setiap jemaah yang telah menunaikan kewajiban ibadah haji tentu berharap untuk mendapatkan pelayanan yang baik dan layak dari pemerintah.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%