Tampang

Perbedaan Antara Aksi dan Demonstrasi: Membedah Esensi Kedua Bentuk Protes

20 Mar 2024 09:23 wib. 88
0 0
Aksi Demonstrasi Mahasiswa di Depan Gedung DPR
Sumber foto: Pinterest

Akhir-akhir ini kita sering mendengar dan menyaksikan kedua bentuk protes tersebut, baik aksi maupun demonstrasi. kedua hal itu memang wajar terjadi di sebuah negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, terlintas sama namun keduanya memiliki perbedaan. Maka apa yang menjadikan keduanya berbeda? mari kita lanjut untuk penjelasannya. 

Aksi dan demonstrasi adalah dua bentuk protes yang sering digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan pendapat, keberatan, atau tuntutan terhadap pemerintah, lembaga, atau isu tertentu. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang serupa, yaitu untuk mengekspresikan ketidakpuasan atau memperjuangkan perubahan, ada perbedaan kunci antara keduanya.

1. Definisi
Aksi tindakan langsung atau kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok untuk menarik perhatian terhadap isu tertentu atau memperjuangkan perubahan dalam suatu keadaan atau situasi. Aksi bisa berupa penolakan melakukan sesuatu, boikot, pembentukan gerakan sosial, atau tindakan lain yang bertujuan untuk menciptakan kesadaran atau mempengaruhi kebijakan. Berbeda dengan aksi, Demonstrasi adalah bentuk protes kolektif dimana sekelompok orang berkumpul di suatu tempat untuk mengekspresikan pendapat, keberatan, atau tuntutan mereka secara terbuka. Demonstrasi seringkali melibatkan pemegang spanduk, slogan, atau tindakan fisik seperti berjalan kaki atau duduk bersama sebagai bentuk protes.

2. Sifat
Aksi cenderung lebih terfokus pada tindakan langsung dan praktek untuk memicu perubahan, sering kali melalui upaya konkret seperti kampanye, kegiatan amal, atau penyadaran masyarakat. Namun Demonstrasi lebih cenderung pada pengungkapan secara kolektif oleh massa terhadap suatu isu atau kebijakan, seringkali melalui tindakan yang lebih simbolis seperti protes damai, pawai, atau pemogokan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?