Tampang

KKP Berhasil Mengamankan 5 Kapal Pencuri Ikan di Samudera Pasifik dan Selat Malaka

26 Sep 2024 19:35 wib. 37
0 0
KKP Berhasil Mengamankan 5 Kapal Pencuri Ikan di Samudera Pasifik dan Selat Malaka
Sumber foto: iStock

Satu set KIA yang berhasil diamankan terdiri dari dua set jenis kapal lampu FB.LB.MV-02 dan FB.LB.MV-04 yang berukuran 23 GT, kemudian satu kapal FB.ST B 01 berukuran 75 GT dengan alat tangkap purse seine, dan satu kapal FB.L-04 yang berukuran 85,93 GT berjenis kapal pengangkut ikan.

Dalam penangkapan ini, PSDKP juga berhasil menyita kapal pengangkut ikan yang berbendera Filipina yang menggunakan alat tangkap tidak ramah lingkungan. Hasil analisis menyebutkan bahwa kerugian ekologis yang ditimbulkan oleh alat tangkap yang digunakan oleh KIA cukup besar, bahkan lebih besar dari kerugian ekonomi.

Nakhoda KP Orca 06 Eko Priyono memberikan kronologis penangkapan 4 KIA tersebut. Ke-3 KIA diamankan pada waktu yang bersamaan pada Jumat (20/9/2024) sekitar pukul 23:00 WITA, kemudian satu kapal pengangkut FB.L-04 diamankan pada Sabtu, (21/9/2024) pukul 00:20 WITA. Total terdapat 33 orang ABK beserta nakhoda yang semua berasal dari Filipina.

Eko juga menjelaskan bahwa kapal-kapal tersebut menebar rumpon (rumah ikan) untuk menarik ikan, sebelum kemudian menggunakan kapal lampu untuk membuat ikan berkerumun agar ikan tersebut lebih mudah ditangkap dengan menggunakan jaring dan dibawa ke kapal pengangkut.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.