Tampang

Waspada! Demam Berdarah Mengintai

20 Mar 2024 12:52 wib. 81
0 0
Waspada! Demam Berdarah Mengintai
Sumber foto: google

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, tidak terkecuali anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Masyarakat perlu waspada terhadap penyakit ini karena DBD dapat berujung pada kondisi yang serius bahkan kematian jika tidak segera ditangani dengan baik.

Aedes aegypti adalah nyamuk pembawa penyakit yang dapat menggigit kapan saja, terutama selama pagi dan sore hari. Mereka berkembang biak di sekitar tempat-tempat yang memiliki air tergenang, seperti genangan air hujan, bak mandi yang jarang digunakan, atau tempat sampah yang tergenang air. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar, baik di rumah maupun di sekitar permukiman, guna mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti.

Salah satu ciri dari demam berdarah adalah gejala demam tinggi yang tiba-tiba, disertai dengan rasa nyeri di seluruh tubuh, terutama di tulang, otot, dan sendi. Pada beberapa kasus, pasien juga dapat mengalami mual, muntah, dan ruam merah di kulit. Bahkan, pada kondisi yang lebih parah, pendarahan internal dapat terjadi dan mengakibatkan syok, yang dapat berujung pada kematian.

Untuk mencegah penyakit demam berdarah, penting untuk mengenali ciri-ciri penyakit ini dan melakukan langkah-langkah pencegahan. Pertama, pastikan untuk membersihkan tempat-tempat yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk, seperti menjaga kebersihan bak mandi, membuang barang-barang bekas yang bisa menampung air, dan menutup rapat tempat-tempat penyimpanan air. Selain itu, pemasangan kelambu untuk tidur dan menggunakan lotion atau obat nyamuk dapat menjadi langkah-langkah preventif yang efektif.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Anemia? Atasi Secara Alami Yuk
0 Suka, 0 Komentar, 22 Jul 2021

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?