Tampang

KKP Berhasil Mengamankan 5 Kapal Pencuri Ikan di Samudera Pasifik dan Selat Malaka

26 Sep 2024 19:35 wib. 40
0 0
KKP Berhasil Mengamankan 5 Kapal Pencuri Ikan di Samudera Pasifik dan Selat Malaka
Sumber foto: iStock

Pencurian ikan oleh kapal-kapal asing di perairan Indonesia ternyata masih terjadi. Terbukti, KKP baru saja mengamankan 5 unit KIA) pencuri ikan yang sedang beraksi di perairan Samudera Pasifik wilayah Sulawesi, dan Selat Malaka. Lima unit kapal tersebut masing-masing empat berbendera Filipina dan satu berbendera Malaysia.

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pung Nugroho Saksono (Ipunk) mengatakan, penangkapan lima KIA tersebut merupakan bukti pemerintah, dalam hal ini KKP hadir menjaga kedaulatan NKRI dan menjaga sektor kelautan dan perikanan.

Ipunk menjelaskan, penangkapan empat KIA Filipina bermula saat Kapal Pengawas (KP) Orca 06 sedang melakukan patroli di wilayah pengelolaan perikanan negara Republik Indoensia (WPPNRI) 717, yang kemudian berhasil menghentikan empat kapal ikan asing berbendera Filipina yang sedang melakukan penangkapan ikan tanpa dilengkapi perizinan yang sah atau ilegal.

Menurut Ipunk, informasi tentang aktivitas kapal pencuri ikan asing diketahui melalui laporan masyarakat. Data tersebut kemudian dianalisis di Pusat Pengendalian (Pusdal) sebelum diteruskan ke KP Orca 06. Penangkapan kapal-kapal ini merupakan bukti nyata dari upaya pemerintah dalam memastikan bahwa perairan Indonesia terjaga dari praktik illegal fishing.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.