Tampang

Kiprah Tan Malaka dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

10 Jul 2024 18:55 wib. 54
0 0
Tan Malaka
Sumber foto: jawapos.com

Tan Malaka, seorang tokoh revolusioner yang berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, telah meninggalkan jejak yang tak terlupakan dalam sejarah pergerakan nasional. Melalui artikel ini, mari kita telaah kiprah Tan Malaka dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Lahir pada 2 Februari 1897 di Sumatera Barat, Ibrahim Gelar Datuk Tan Malaka adalah seorang pemikir revolusioner, aktivis pergerakan kemerdekaan, dan penulis yang memiliki peran signifikan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Tan Malaka sering dijuluki sebagai "Bapak Republik Indonesia" karena perjuangannya yang gigih dalam memperjuangkan kemerdekaan negara ini.

Tan Malaka terlibat dalam berbagai kegiatan politik dan pergerakan revolusioner sejak awal abad ke-20. Pada tahun 1919, ia terlibat dalam kongres Indische Sociaal-Democratische Vereeniging (ISDV), organisasi yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Selama periode ini, Tan Malaka membela hak-hak buruh dan menyuarakan aspirasi rakyat pribumi.

Pada tahun 1921, Tan Malaka menjadi anggota Kongres Perempuan Pertama di Tiongkok, di mana ia mengungkapkan kepeduliannya terhadap isu-isu kesetaraan gender. Setelah kongres tersebut, dia melanjutkan perjuangannya dengan mengkritik sistem kolonial Belanda dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di berbagai belahan dunia.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Peraturan Baru dari Pemerintah, Seluruh Motor dan Mobil Wajib Miliki Asuransi Mulai 2025. Apakah Anda Setuju?