Tampang

Dari Mana Asal Kopi Arabika? Temukan Sejarahnya,Filosofinya dan Nikmati Rasanya

19 Apr 2024 05:55 wib. 53
0 0
Enaknya Kopi Arabika Banyak Disukai
Sumber foto: Google

Kopi merupakan minuman yang sudah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari banyak orang di seluruh dunia. Salah satu jenis kopi yang paling populer adalah kopi Arabika. Kopi Arabika telah menjadi favorit banyak penikmat kopi karena keunikan rasa dan aromanya. Namun, dari mana sebenarnya asal kopi Arabika? Bagaimana sejarahnya dan apa filosofinya? Mari kita gali lebih dalam untuk menemukan jawabannya.

Asal Kopi Arabika

Kopi Arabika, atau disebut juga Coffea Arabica, berasal dari wilayah Ethiopia, timur laut Afrika. Sejarah mencatat bahwa kopi Arabika pertama kali ditemukan di wilayah Kaffa, Ethiopia. Legenda mengatakan bahwa seorang gembala kambing bernama Kaldi perhatikan kambingnya yang makan buah kopi yang membuat mereka tidak bisa tidur di malam hari. Kaldi lalu membawa buah kopi tersebut kepada seorang biksu di sebuah biara, yang kemudian mengolah buah tersebut menjadi minuman yang dapat membuatnya tetap terjaga saat beribadah. Dari sinilah kopi mulai dikenal dan menyebar ke berbagai penjuru dunia. 

Setelah penemuan di Ethiopia, kopi Arabika kemudian menyebar ke seluruh dunia melalui perjalanan perdagangan dari Arab. Pada abad ke-7, kopi Arabika sudah populer di wilayah Persia, Mesir, Turki, dan kemudian menyebar ke Venesia pada abad ke-17. Dari Venesia, kopi Arabika menyebar ke seluruh Eropa, dan selanjutnya menyebar ke seluruh dunia melalui koloni-koloni Eropa di Asia, Afrika, dan Amerika.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Mengapa Kita Bisa Merasa Takut Sih?
0 Suka, 0 Komentar, 14 Mar 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?