Tampang

Keberangkatan Jamaah Haji: Mesin Rusak, Delay 3 Jam Lebih, Koper Jamaah Tertinggal

25 Mei 2024 15:01 wib. 72
0 0
Mesin Rusak, Delay 3 Jam Lebih, Koper Jamaah Tertinggal
Sumber foto: google

Layanan penerbangan jemaah haji Indonesia yang dilakukan oleh Maskapai Garuda Indonesia masih banyak terjadi masalah. Kementerian Agama (Kemenag) mencatat sejumlah persoalan pada fase pemberangkatan jemaah haji ke Madinah. Pengalaman pahit ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para jemaah, dan mempengaruhi keberlangsungan perjalanan mereka.

Meski teguran tertulis sudah dilayangkan pada 16 Mei lalu, Kemenag merasa belum ada perbaikan layanan secara signifikan. Kemenag menilai manajemen Garuda Indonesia gagal dalam memberikan layanan terbaik kepada jemaah fase pemberangkatan yang sudah berlangsung sejak 12 Mei 2024. "Kami mencatat banyak persoalan yang terjadi dalam sepekan terakhir penerbangan jemaah haji Indonesia. Kami melihat performa Garuda Indonesia tahun ini sangat buruk. Kami sudah sampaikan teguran tertulis, tapi belum ada perbaikan signifikan,” kata Juru Bicara Kementerian Agama, Anna Hasbie, dalam rilis Kemenag, Rabu (22/5/2024).

Sejumlah persoalan itu sudah berlangsung sejak 12 Mei 2024. Pertama, kerusakan mesin pesawat. Kejadian ini terjadi di Embarkasi Makassar. Sayap kanan pesawat Garuda Indonesia mengeluarkan api pada saat take off penerbangan jemaah kelompok terbang (kloter) lima Embarkasi Makassar UPG-05). Tak hanya itu, koper para jemaah yang tertinggal juga menjadi masalah serius dalam perjalanan. Ketika koper jemaah tertinggal, ini akan mengakibatkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran bagi para jemaah tersebut. Mereka merasa gelisah dengan kehilangan koper mereka, dan harus berurusan dengan proses klaim koper yang memakan waktu dan tenaga.

Pengalaman pahit ini tidak hanya berdampak pada kebutuhan dan kenyamanan para jemaah, namun juga menjadi masalah bagi pihak penyelenggara perjalanan. Mereka harus menangani keluhan dan kekesalan para jemaah akibat masalah-masalah yang terjadi dalam perjalanan. Hal ini dapat merusak reputasi penyelenggara perjalanan dan menurunkan kepercayaan para jemaah terhadap layanan yang diberikan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Treadmill vs Sepeda Statis
0 Suka, 0 Komentar, 2 Sep 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%