Tampang

Jakarta Peringkat 10 Kota Paling Macet Sedunia

28 Jun 2024 04:41 wib. 37
0 0
Jakarta Peringkat 10 Kota Paling Macet Sedunia
Sumber foto: google

Waduh! Jakarta menjadi salah satu kota termacet di dunia. Bahkan, dalam data terbaru, Jakarta menjadi kota termacet nomor 10 di dunia. Data itu dirilis oleh INRIX (penganalisis data dari sensor jalan raya dan kendaraan). INRIX baru saja merilis Global Traffic Scorecard 2023 yang menyajikan beberapa kota termacet di dunia dengan membandingkan penundaan waktu perjalanan karena kemacetan.

"Scorecard ini menggunakan pola perjalanan terkini pasca-COVID untuk benar-benar menganalisis dan membandingkan perbedaan perjalanan pulang pergi di lebih dari 900 kota di seluruh dunia," tulis INRIX dalam Global Traffic Scorecard 2023 dikutip Kamis (27/6/2024).

Dalam data itu, 5 kota paling macet di dunia berisi kota-kota besar, seperti New York, Mexico City, London, Paris, dan Chicago. Warga New York kehilangan waktu rata-rata 101 jam karena kemacetan. Sedangkan London dan Paris masing-masing kehilangan waktu 99 jam dan 97 jam karena macet tahun lalu. Bagaimana dengan Jakarta?. Pada tahun 2023, warga Jakarta kehilangan waktu 65 jam karena terjebak kemacetan. Tahun sebelumnya (2022), berdasarkan data INRIX, Jakarta masih bertengger di posisi ke-16 kota termacet di dunia.

Total waktu yang hilang tersebut adalah perbedaan waktu tempuh yang dialami selama periode jam sibuk dibanding dengan saat arus lalu lintas tanpa kemacetan. "Dengan kata lain, ini adalah perbedaan antara mengemudi selama jam komuter versus mengemudi di malam hari dengan lalu lintas yang sedikit," tulis INRIX.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%