Tampang

Gempa M 6,5 Guncang Garut, Tidak Berpotensi Tsunami

29 Apr 2024 07:35 wib. 42
0 0
Gempa M 6,5 Guncang Garut, Tidak Berpotensi Tsunami
Sumber foto: google

Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Pada tanggal 27 April 2024, gempa dengan magnitudo 6,5 mengguncang wilayah Garut, Jawa Barat. Meskipun guncangan gempa ini cukup kuat, namun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa yang terjadi di Garut ini membuat warga sekitar panik dan berhamburan keluar rumah. Beberapa bangunan juga mengalami kerusakan akibat gempa ini. Namun, alhamdulillah tidak ada korban jiwa akibat bencana ini. Pemerintah setempat telah melakukan langkah-langkah penanganan darurat untuk membantu masyarakat yang terdampak gempa.

BMKG merinci, lokasi gempa di 8.42 LS,107.26 BT atau 151 Km Barat Daya Garut, Jabar. Adapun gempa tersebut berkedalaman 10 Km. Meskipun guncangannya terasa kuat, namun BMKG menyatakan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Hal ini memberikan sedikit kelegaan bagi masyarakat Garut yang sudah cukup terpukul, serta bencana alam lainnya yang sering melanda daerah ini.

Gempa bumi sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi di Indonesia mengingat letak geografisnya yang berada pada pertemuan lempeng tektonik. Namun demikian, hal ini juga menuntut kita untuk selalu waspada dan siap menghadapi kemungkinan terjadinya gempa di berbagai daerah. Perlu adanya langkah-langkah preventif serta penanganan darurat yang baik dari pemerintah dan instansi terkait untuk mengurangi risiko dan dampak dari gempa bumi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?