Tampang

Di RI Banyak Berguguran, AI Disebut-sebut Mulai Incar Pabrik Tekstil

29 Jun 2024 21:42 wib. 34
0 0
Di RI Banyak Berguguran, AI Disebut-sebut Mulai Incar Pabrik Tekstil
Sumber foto: iStock

Industri tekstil di Indonesia mengalami kondisi sulit dengan bergugurnya satu persatu pabrik tekstil di tanah air. Ribuan pekerja terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat dari situasi ini. Ditengah kondisi tersebut, tantangan baru muncul dengan munculnya teknologi digitalisasi dan kecerdasan buatan (AI) yang mulai merambah sektor industri tekstil.

M Shobirin Hamid, Ketua Umum Insan Kalangan Ahli Tekstil Seluruh Indonesia (IKATSI), mengungkapkan bahwa kemajuan teknologi, terutama Artificial Intelligence (AI), memiliki potensi untuk merubah industri tekstil. Ia menyatakan kekhawatirannya bahwa industri padat karya seperti tekstil dapat kehilangan keunggulannya.

Menurut Shobirin, perkembangan teknologi dalam industri tekstil memerlukan pula peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) untuk menyesuaikan diri. Ia menyatakan kebutuhan akan pendidikan tinggi dalam bidang tekstil agar para pelaku dan pekerja industri tekstil dapat menciptakan produk tekstil baru yang lebih berkualitas.

Shobirin juga mengungkapkan harapannya untuk pemerintah dan industri tekstil nasional agar dapat melihat ke depan, mengantisipasi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan industri tekstil dunia saat ini. Hal ini penting karena Indonesia diharapkan mampu menciptakan teknokrat baru yang mampu menghadapi perkembangan industri tekstil yang semakin maju ke depan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Jumlah Pemain dalam Olahraga Basket
0 Suka, 0 Komentar, 13 Apr 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%