Tampang

Dekan FK Unair yang Menolak Dokter Asing Dipecat

5 Jul 2024 13:03 wib. 186
0 0
Dekan FK Unair yang Menolak Dokter Asing Dipecat
Sumber foto: google

Sementara itu, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Azhar, meminta agar pemberhentian Budi Santoso tidak dikaitkan dengan Kemenkes. "Saya rasa ini masalah internal Unair," ujar Azhar. Dia juga menegaskan bahwa Kemenkes bukanlah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Riset yang mengurus masalah akademik. "Jadi sekali lagi mohon kami jangan disangkutpautkan dengan kejadian dekan Unair," ujar Azhar.

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga sebelumnya menanggapi tegas sinyal Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, terkait penolakan dokter asing. Budi Santoso, Dekan FK Unair, secara konsisten menolak wacana tersebut. "Secara pribadi dan institusi, kami dari fakultas kedokteran tidak setuju," ujar Budi.

Budi juga meyakini bahwa 92 Fakultas Kedokteran di Indonesia mampu meluluskan dokter-dokter yang berkualitas. Menurutnya, kualitas dokter-dokter Indonesia tidak kalah dengan dokter asing. "Saya pikir semua dokter di Indonesia tidak rela kalau dokter asing bekerja di sini, karena kita mampu untuk memenuhi dan kita mampu menjadi dokter tuan rumah sendiri," ujar Budi.

Sikap dari FK Unair tersebut mendapat tanggapan dari Menkes pada 2 Juli 2024. Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa alasan pemerintah berencana mendatangkan dokter asing ke Indonesia adalah untuk menyelamatkan ribuan bayi yang menderita kelainan jantung bawaan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.