Tampang

Beda Jauh Dengan Anak-Keturunannya, Ini Alasan Sultan Agung Memerintah Kerajaan Mataram Islam Dengan Baik

10 Mei 2024 16:38 wib. 57
0 0
Kerajaan Mataram Islam

Sultan Agung dikenal sebagai salah satu penguasa terbesar dalam sejarah Mataram Islam. Namun, perbedaan signifikan dalam kepemimpinannya dengan anak-cucunya telah menimbulkan perdebatan di kalangan para sejarawan. Sejarawan sepakat bahwa puncak kejayaan kerajaan yang didirikan oleh Panembahan Senopati terjadi ketika diperintah oleh Raden Mas Jatmika.

Ada berbagai alasan yang membuat Sultan Agung dianggap berhasil memerintah Kerajaan Mataram Islam dengan baik, mulai dari kebijakan politik, militer, ekonomi, hingga budaya.

Salah satu keberhasilan Sultan Agung terletak pada kebijakan militernya. Ia mampu menyiapkan tentara yang tangguh dan disiplin untuk menghadapi ancaman dari luar. Salah satu target utama kebijakan militer Sultan Agung adalah menyerbu Belanda di Batavia. Meskipun serangan besar-besaran pada tahun 1628 dan 1629 gagal, semangat perjuangan Sultan Agung terhadap penjajah jelas terbukti.

Dalam bidang politik, Sultan Agung berhasil memperluas wilayah Kerajaan Mataram, mencakup seluruh wilayah Jawa kecuali Banten dan Batavia. Ia juga menjalankan sistem pemerintahan dengan baik, membagi wilayah kerajaan menjadi beberapa daerah yang dipimpin oleh bupati atau adipati. Selain itu, Sultan Agung menetapkan hukum dan peraturan berdasarkan syariat Islam dan adat Jawa, serta mengangkat para ulama dan kyai sebagai penasihat dan pengajar agama.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Reseller dan Dropshipper Hijab id
0 Suka, 0 Komentar, 29 Jan 2019

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?