Tampang

Bandara Sam Ratulangi Ditutup Akibat Erupsi Gunung Ruang

19 Apr 2024 11:24 wib. 47
0 0
Bandara Sam Ratulangi Ditutup Akibat Erupsi Gunung Ruang
Sumber foto: google

Bandara Sam Ratulangi di Manado ditutup sementara akibat erupsi Gunung Ruang yang terjadi di Sitaro, Sulawesi Utara.Erupsi ini mengakibatkan peningkatan aktivitas vulkanik yang berpotensi membahayakan penerbangan. Keputusan untuk menutup bandara demi menjaga keselamatan penerbangan merupakan langkah bijaksana yang diambil pihak berwenang.

Saat terjadi erupsi gunung, partikel-partikel vulkanik dan abu vulkanik dapat terbawa angin dan dapat menjadi ancaman serius bagi pesawat. Abu vulkanik yang berserakan di udara dapat merusak mesin pesawat dan mengganggu sistem navigasi, sehingga menimbulkan risiko kecelakaan udara. Oleh karena itu, penutupan bandara sebagai langkah pencegahan sangat penting untuk menghindari potensi bahaya tersebut.

Erupsi Gunung Ruang, yang terletak sekitar 13 km dari Bandara Internasional Sam Ratulangi, telah mengeluarkan awan gas dan abu vulkanik setinggi 4.5 km. Aktivitas vulkanik yang meningkat ini menyebabkan peningkatan konsentrasi abu vulkanik di udara, yang berpotensi mengganggu operasi penerbangan. 

Penumpang yang terdampak oleh penutupan bandara Sam Ratulangi diimbau untuk memantau perkembangan informasi terkait status bandara dan penerbangan melalui sumber resmi otoritas bandara maupun maskapai penerbangan terkait. Selain itu, pihak bandara juga diharapkan memberikan informasi yang jelas dan akurat terkait dengan prosedur penggantian atau pengembalian tiket penerbangan bagi para penumpang yang terkena dampak penutupan ini.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Jejak Kekayaan Timah Indonesia
0 Suka, 0 Komentar, 7 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?