Tampang

10 Tips ketika Anda Mendapatkan Panggilan untuk Wawancara Kerja

28 Apr 2017 20:12 wib. 2.060
0 0
wawancara kerja

Mendapatkan pekerjaan di saat sekarang merupakan hal yang tidak mudah. Persaingan yang ketat di dunia kerja serta semakin sempitnya lapangan pekerjaan membuat tingkat pengangguran di negara kita ini semakin meningkat. Terkadang ketika kita mendapatkan kesempatan untuk mengikuti test di suatu perusahaan, kita banyak menemukan kendala baik pada saat test tertulis maupun lisan atau wawancara kerja.

Sangat disayangkan, ketika kita tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan, tetapi semuanya sirna hanya karena kita gagal dalam mengikuti wawancara kerja.

Mari kita berbagi tips bagaimana menghadapi wawancara kerja agar bisa meminimalkan kegagalan dalam memasuki gerbang dunia kerja yang kita inginkan.

  1. Ketika menerima panggilan wawancara kerja baik via telephone atau sms, tanyakan dengan jelas alamat perusahaan yang menjadi tempat wawancara kerja kita, waktu wawancara dan persyaratan yang harus dibawa ketika wawancara. Ini bertujuan agar kita tidak kehilangan waktu untuk mencari alamat dan tidak ada yang tertinggal mengenai persyaratan yang kita bawa.
  2. Sebelum berangkat, usahakan makan dan minum terlebih dahulu, agar pada saat wawancara kita tidak terkendala oleh perut lapar atau rasa sakit karena terlambat makan.
  3. Usahakan datang 1 jam sebelum wawancara dimulai. Tujuannya agar kita bisa mempersiapkan diri dengan lebih tenang dan tidak terburu-buru. Jangan terlambat datang pada saat mengikuti wawancara kerja.
  4. Untuk anda yang suka berkeringat karena grogi, siapkan sapu tangan untuk mengelap tangan yang basah karena keringat atau muka yang berkeringat.
  5. Usahakan jangan mengenakan perhiasan apapun, karena terkadang ini menjadi bahan pewawancara untuk lebih banyak bertanya kepada anda yang akan membuat anda tambah krogi dan bingung ketika dicecar banyak pertanyaan.
  6. Usahakan untuk merapihkan diri, dengan merapihkan pakaian, menyisir rambut, sedikit parfum jika anda merasa kurang nyaman atau pede dengan bau keringat. Tapi jangan parfum yang menyengat.
  7. Terkadang tangan anda merasa dingin sebelum wawancara, masukkan tangan ke saku celana agar terasa lebih hangat, jadi ketika berjabat tangan tidak terasa dingin.
  8. Ketika menanyakan masalah gaji, ini yang biasanya banyak terjadi kesalahan. Untuk anda yang belum mempunyai pengalaman, usahakan menjawab dengan standar UMR atau standar perusahaan. Tapi kalau anda sudah berpengalaman, ungkapkan saja dengan penuh perhitungan gaji yang anda inginkan berdasarkan pengalaman yang anda miliki. Jangan terlalu pasrah dengan gaji yang ditawarkan perusahaan karena itu bisa saja jebakan untuk menguji kepercayaan diri anda.
  9. Jangan duduk sebelum dipersilahkan, tangan jangan diletakkan diatas meja, jangan menunduk tapi jangan melotot, tetap terlihat santai agar anda tenang menjawab semua pertanyaan pewawancara.
  10. Diakhir wawancara, tanyakan kapan anda mendapatkan informasi mengenai diterima atau tidaknya bekerja. Tunggu sehari, seminggu, atau berapa lama. Ini untuk menjadi pegangan anda ketika pada waktu yang sudah disampaikan perusahaan, anda tidak mendapat panggilan untuk bekerja, anda harus cari kerjaan ditempat lain.

Mudah-mudahan tips ini bisa membantu anda ketika menghadapi wawancara. Jangan berputus asa dalam mencari peluang kerja. dan tetap semangat.

<12>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?