Tampang

Apakah Wilayah Indonesia Dapat Menyaksikan Gerhana Matahari Pada 8 April 2024?

8 Apr 2024 11:06 wib. 66
0 0
Gerhana Matahari
Sumber foto: pinterest.com

Gerhana matahari total (GMT) pada hari Senin, 8 April 2024, akan membawa fenomena alam yang menarik di Amerika Utara. Saat fenomena alam ini terjadi, bulan sepenuhnya akan menutupi matahari, menciptakan pemandangan yang sangat spektakuler. Situs resmi NASA menjelaskan bahwa gerhana matahari total terjadi saat Bulan berada pada posisi sejajar dengan Matahari dan Bumi. Fenomena alam yang langka ini hanya terjadi sesekali karena Bulan tidak mengorbit pada bidang yang sama seperti Matahari dan Bumi.

Apakah wilayah Indonesia dapat menyaksikan gerhana matahari pada 8 April 2024? Menurut laman BMKG, fenomena gerhana matahari total pada 8 April 2024 hanya dapat dilihat di wilayah Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada. Indonesia, sayangnya, tidak akan dapat menyaksikan fenomena tersebut.

Gerhana matahari total pada 8 April 2024 adalah fenomena langka yang memikat. Fenomena ini merupakan gerhana matahari pertama yang terjadi pada tahun 2024. Di sisi lain, Indonesia pernah menjadi saksi dari gerhana matahari total pada 9 Maret 2016.

Menurut Wikipedia, gerhana matahari total rata-rata terjadi setiap 18 bulan sekali di suatu tempat di Bumi. Namun, sebagian tempat hanya dapat mengalami gerhana setiap 360 hingga 410 tahun sekali. Durasi gerhana matahari total sendiri hanya berlangsung beberapa menit di setiap lokasi, karena umbra bergerak ke timur melebihi 28 km/menit.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?