Tampang

Rusia Berbagi Rahasia Nuklir pada Iran, Picu AS-Inggris Khawatir

16 Sep 2024 06:54 wib. 46
0 0
Rusia Berbagi Rahasia Nuklir pada Iran, Picu AS-Inggris Khawatir
Sumber foto: iStock

Kelompok Tujuh, yang terdiri dari AS, Inggris, dan sekutu-sekutunya, secara bersama-sama mengecam "ekspor Iran dan pengadaan rudal balistik Iran oleh Rusia" dalam sebuah pernyataan bersama. Mereka menyebutnya sebagai eskalasi lebih lanjut dari dukungan militer Iran terhadap Rusia di Ukraina.

Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS, memberikan isyarat bahwa Rusia sedang berbagi teknologi nuklir dengan Teheran. Dia juga menambahkan bahwa Moskow telah menerima pengiriman rudal balistik Fath-360 dari Iran. Pernyataan Blinken ini menambahkan catatan keraguan terhadap intensifikasi kerja sama nuklir antara Rusia dan Iran.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Inggris David Lammy menunjukkan ketidaksetujuannya terhadap program nuklir Iran yang semakin maju. Hal ini diperkuat oleh sebuah pernyataan bersama yang disampaikan oleh Departemen Luar Negeri AS, yang menyoroti keprihatinan serupa terkait program nuklir Iran.

Iran sendiri telah bersikeras bahwa mereka tidak memiliki niat untuk memproduksi senjata nuklir. Meskipun begitu, ada kekhawatiran yang berkembang bahwa Iran secara potensial mampu mengembangkan senjata nuklir sebagai respons terhadap ketegangan dengan Israel.

Dalam sebuah pernyataan pada bulan April, seorang jenderal senior Iran menyebutkan kemungkinan merevisi doktrin nuklir jika Israel mengancam fasilitas atomnya. Pernyataan tersebut dipandang sebagai peringatan bahwa Iran bisa saja berupaya memproduksi senjata nuklir, meski selama ini mereka hanya menyatakan bahwa kemampuan nuklir mereka hanya untuk keperluan sipil.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?