Tampang

Ladang Minyak Iran Rawan Diserang, Harga Melejit 9% Dalam Sepekan

6 Okt 2024 22:04 wib. 71
0 0
Ladang Minyak Iran Rawan Diserang, Harga Melejit 9% Dalam Sepekan
Sumber foto: iStock

Peningkatan ketegangan di Timur Tengah ini juga memicu kenaikan harga minyak mentah hingga hampir 2% selama sesi perdagangan, meskipun kemudian turun tajam setelah pernyataan dari Presiden Biden. Namun demikian, patokan harga minyak melonjak lebih dari 5% setelah Biden mengonfirmasi bahwa AS sedang berunding dengan Israel mengenai apakah akan mendukung serangan terhadap infrastruktur energi Iran.

Analis komoditas dari JPMorgan juga menegaskan bahwa serangan terhadap fasilitas energi Iran bukanlah tindakan yang disukai Israel. Meski begitu, rendahnya tingkat persediaan minyak global menunjukkan bahwa harga minyak akan tetap naik hingga konflik tersebut tuntas. Data dari layanan pelacakan kapal Kpler menunjukkan bahwa persediaan minyak berada di bawah level tahun lalu, yang merupakan yang terendah dalam sejarah.

Pialang minyak StoneX bahkan memperkirakan harga minyak dapat melonjak antara US$3 hingga US$5 per barel jika infrastruktur minyak Iran menjadi sasaran. Kondisi ini juga semakin diperparah dengan pernyataan dari Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, yang menyerukan lebih banyak perjuangan anti-Israel. Iran juga mengancam akan menargetkan instalasi energi dan gas Israel apabila negara tersebut menyerangnya.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

 Ingin Sehat? Tertawalah?
0 Suka, 0 Komentar, 16 Sep 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.