Tampang

Indonesia Sambut Resolusi DK PBB soal Gencatan Senjata di Gaza

12 Jun 2024 11:39 wib. 36
0 0
Indonesia Sambut Resolusi DK PBB soal Gencatan Senjata di Gaza
Sumber foto: google

Pemerintah Indonesia dengan senang hati menyambut resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) terkait gencatan senjata di Jalur Gaza, Palestina. Kementerian Luar Negeri RI menganggap bahwa resolusi ini merupakan sebuah langkah yang telah lama ditunggu-tunggu namun sangat penting untuk menghentikan kekejaman terhadap rakyat Palestina dan mewujudkan gencatan senjata yang segera dan permanen di wilayah Gaza. 

Menurut keterangan dari Kemlu RI pada Selasa (11/6), adopsi Resolusi DK PBB 2735 (2024) yang berisi tiga fase mengenai gencatan senjata di Gaza dinilai sebagai langkah yang penting untuk mencapai perdamaian yang berkelanjutan. RI menekankan pentingnya bagi semua pihak untuk segera mencapai kesepakatan guna memastikan gencatan senjata yang berlangsung lama, serta memberikan bantuan segera bagi rakyat Palestina dan membuka jalan menuju implementasi solusi dua negara.

Resolusi yang diadopsi DK PBB mengenai gencatan senjata di Jalur Gaza pada Senin (10/6) mendapat dukungan dari 14 anggota DK PBB, sedangkan hanya Rusia yang memilih untuk abstain dalam pemungutan suara. Resolusi ini berisi tiga fase untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata komprehensif demi mengakhiri perang di Gaza.

Fase pertama dari resolusi ini memuat gencatan senjata segera, pembebasan para sandera, pengembalian jenazah, dan penarikan pasukan Israel dari daerah berpenduduk di Gaza. Sedangkan fase kedua menetapkan pengakhiran permusuhan secara permanen dengan imbalan pembebasan seluruh sandera dan penarikan penuh pasukan Israel dari Gaza. Fase ketiga mencakup rekonstruksi Gaza secara besar-besaran dalam beberapa tahun.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%