Tampang

India Berencana Melawan China dengan Pembangunan Kapal Selam Nuklir dan Pengadaan Drone

11 Okt 2024 05:20 wib. 52
0 0
India Berencana Melawan China dengan Pembangunan Kapal Selam Nuklir dan Pengadaan Drone
Sumber foto: iStock

India akan segera membangun dua kapal selam bertenaga nuklir dan membeli 31 pesawat tak berawak jarak jauh buatan Amerika Serikat (AS) dengan perkiraan biaya sebesar 350 miliar rupee (US$4,2 miliar) untuk melawan dominasi militer China di kawasan tersebut. Informasi ini disampaikan oleh beberapa pejabat senior yang mengetahui rencana tersebut.

Menurut para pejabat yang tidak ingin disebutkan namanya karena masalah ini sangat sensitif, Komite Kabinet India untuk Keamanan, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Narendra Modi, mengambil keputusan tersebut pada Rabu (9/10/2024).

Pembangunan dua kapal bertenaga nuklir yang membawa senjata konvensional tersebut akan dilakukan di galangan kapal lokal. Hal ini menjadi sebuah langkah luar biasa karena untuk pertama kalinya kapal bertenaga nuklir akan dibuat di India. Kapal bertenaga nuklir memiliki keunggulan dibandingkan dengan kapal diesel-listrik, yakni kecepatan yang lebih tinggi, kemampuan untuk bertahan di bawah air hampir tanpa batas waktu, serta ukuran yang lebih besar sehingga dapat mengangkut lebih banyak senjata, peralatan, dan pasokan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.