Tampang

Gelombang Panas Pakistan Mencapai 49 Derajat Celsius, Ratusan Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

25 Mei 2024 14:03 wib. 284
0 0
Gelombang Panas Pakistan Mencapai 49 Derajat Celsius, Ratusan Orang Dilarikan ke Rumah Sakit
Sumber foto: google

Gelombang panas yang melanda Pakistan akhir-akhir ini telah menyebabkan ratusan warga dilarikan ke rumah sakit karena kondisi cuaca ekstrem yang semakin parah. Pada Rabu (22/5/2024), suhu udara di kota Mohenjo Daro, selatan Pakistan, bahkan mencapai 49 derajat Celsius. Bahkan, lembaga klimatologi Pakistan memperingatkan bahwa suhu udara diperkirakan bisa meningkat hingga 55 derajat Celsius pada bulan Mei 2024.

Ratusan pasien dilaporkan dirawat di rumah sakit di Lahore, sementara banyak warga di daerah Hyderabad, Larkana, dan Jacobabad juga mengalami dampak serius akibat gelombang panas ini. Otoritas kesehatan Pakistan juga telah mengimbau warga untuk tetap di rumah, terhidrasi dengan baik, dan menghindari perjalanan yang tidak perlu demi mengurangi risiko terkena dampak yang mungkin terjadi. Namun, banyak kaum buruh di Pakistan masih merasa terpaksa untuk bekerja demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Tidak hanya itu, otoritas kesehatan Pakistan juga telah membuka pusat respons kegawatdaruratan untuk merawat pasien yang terkena dampak dari gelombang panas ini. Layanan ambulans juga dilengkapi dengan persediaan air dan es untuk memberikan pertolongan pertama kepada korban gelombang panas.

Menanggapi situasi ini, koordinator perubahan iklim perdana menteri Pakistan, Rubina Khursheed Alam, menyatakan kekhawatirannya. Ia menekankan bahwa Pakistan merupakan salah satu negara paling rentan terhadap dampak perubahan iklim di dunia.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%