Tampang

Israel Ancam Blokir Perbankan Palestina, Dikecam Amerika Serikat

24 Mei 2024 15:20 wib. 889
0 0
Israel Ancam Blokir Perbankan Palestina, Dikecam Amerika Serikat
Sumber foto: google

Israel mengancam akan memblokir sistem perbankan Palestina melalui jaringan perbankan global, suatu tindakan yang menuai kritik dari Amerika Serikat (AS). Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, telah memperingatkan tentang risiko krisis kemanusiaan jika Israel memutuskan saluran pendanaan penting ke wilayah pendudukan Palestina.

Menurut pernyataan yang dikutip dari AFP pada Kamis (23/5), Yellen menyampaikan kekhawatirannya terhadap ancaman Israel untuk memutuskan hubungan bank-bank Palestina dengan bank koresponden di Israel. Hal ini karena saluran perbankan tersebut menjadi sarana penting dalam memproses transaksi, termasuk impor senilai hampir US$8 miliar per tahun dari Israel. Impor tersebut meliputi listrik, air, bahan bakar, dan makanan. Lebih lanjut, saluran perbankan juga memfasilitasi ekspor senilai hampir US$2 miliar per tahun yang menjadi penopang penghidupan warga Palestina.

Yellen juga menyebutkan bahwa ia telah mengirim surat kepada Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, beberapa bulan lalu terkait dengan situasi ekonomi di Tepi Barat yang diduduki. Dalam surat tersebut, Yellen menegaskan keyakinannya bahwa jika bank-bank Palestina diputus dari korespondensi Israel, hal ini dapat menciptakan krisis kemanusiaan di wilayah tersebut.

Permasalahan ini juga kemungkinan akan diangkat dalam pertemuan G7. Menurut Yellen, negara-negara lain di G7 juga diharapkan menyatakan keprihatinannya mengenai dampak keputusan tersebut terhadap perekonomian Tepi Barat.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Penyebab Punahnya Terumbu Karang
0 Suka, 0 Komentar, 21 Apr 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%