Tampang

Cerita Jemaah Haji Kalungi Kipas Atasi Panas yang Menggila di Saudi

18 Jun 2024 09:37 wib. 53
0 0
Cerita Jemaah Haji Kalungi Kipas Atasi Panas yang Menggila di Saudi
Sumber foto: google

Musim haji tahun ini, para jemaah haji harus menghadapi tantangan cuaca panas ekstrem yang melanda Arab Saudi. Untuk mengatasi kondisi ini, para jemaah haji banyak menggunakan kipas leher atau portabel, sebagaimana dilaporkan oleh Arab News. Penggunaan kipas handsfree ini menjadi tren di kalangan jemaah haji tahun 2024, karena otoritas Saudi menganjurkan penggunaan alat bantu tersebut demi menjaga kenyamanan dan fokus selama beribadah di tengah suhu ekstrem.

Salah satu jemaah yang mengandalkan kipas praktis ini adalah Saleh Al-Sufiyani, seorang warga Taif. Al-Sufiyani membeli kipas leher untuk mengatasi kondisi ekstrem di Makkah yang telah dirasakannya akhir-akhir ini. Menurutnya, kipas tersebut mampu memberikan aliran udara langsung ke leher dan wajah, area sensitif yang dapat membantu mendinginkan tubuh. Dengan kipas tersebut, ia merasakan kenyamanan yang lebih baik karena mampu mengurangi sensasi panas yang terasa.

Begitu pula dengan Maryam Jadallah, seorang jemaah haji asal Mesir, ia juga memilih untuk membeli kipas angin portabel yang bertenaga baterai setelah mengetahui tentang suhu tinggi di Makkah. Menurutnya, kipas tersebut beroperasi dengan tenang, sehingga ia dapat tetap mendengar segala sesuatu di sekitarnya tanpa mengganggu ibadahnya. Jadallah juga percaya bahwa mendinginkan tubuh selama cuaca panas dapat membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan panas seperti kelelahan atau heatstroke.

Tidak hanya kipas portabel, Kementerian Kesehatan Saudi juga menginstruksikan jemaah haji untuk menggunakan alat penyiram air kecil guna mendinginkan wajah di suhu tinggi. Pusat Meteorologi Nasional Saudi sendiri memperingatkan bahwa suhu di sejumlah tempat suci diperkirakan akan mencapai 45-48 derajat Celsius. Bahkan pada  Sabtu tanggal 15 Juni, suhu di Arafah mencapai 46 derajat Celsius, bertepatan dengan prosesi wukuf yang dilakukan oleh para jemaah haji.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kamu Adalah apa yang Nenekmu Makan
0 Suka, 0 Komentar, 21 Agu 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%