Tampang

Berhasil Luncurkan Rudal ICBM, Beijing Beri Pesan Khusus ke AS dan Sekutu Tak Bisa Remehkan Kekuatan Nuklir China

26 Sep 2024 19:36 wib. 38
0 0
Keberhasilan China uji coba peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) dinilai memiliki pesan yang kuat bagi AS dan sekutunya
Sumber foto: website

Ia juga menekankan bahwa China telah mengklaim bahwa peluncuran rudal tersebut tidak ditujukan kepada negara manapun, namun ketegangan yang tinggi antara China dan Jepang, Filipina, serta ketegangan berkelanjutan dengan Taiwan tetap menjadi fakta yang tidak dapat diabaikan.

Meskipun hubungan antara Beijing dan Washington telah membaik dalam setahun terakhir, namun meningkatnya ketegasan China di kawasan tersebut tetap menjadi titik kritis. Ketegangan yang meningkat antara China dan Filipina dipicu oleh insiden di mana kapal-kapal mereka berulang kali bertabrakan di perairan yang disengketakan.

Bulan lalu, Jepang bahkan mengerahkan jet tempur setelah menuduh pesawat mata-mata China melanggar wilayah udaranya, tindakan yang dianggapnya sebagai hal yang tidak dapat diterima.

Hubungan Beijing dengan Taiwan, yang memiliki pemerintahan sendiri, juga merupakan sumber ketegangan yang tidak dapat diabaikan. Kementerian Pertahanan Taiwan mengungkapkan bahwa China baru-baru ini melakukan latihan penembakan rudal yang "intensif" bersama dengan latihan militer lainnya.

Pernyataan yang sama juga menyoroti deteksi 23 pesawat militer China yang aktif di sekitar Taiwan dalam misi jarak jauh. China kerap mengirim kapal dan pesawat ke perairan dan wilayah udara Taiwan, yang merupakan taktik yang dikenal sebagai "perang zona abu-abu" yang ditujukan untuk menormalkan serangan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.