Tampang

Berhasil Luncurkan Rudal ICBM, Beijing Beri Pesan Khusus ke AS dan Sekutu Tak Bisa Remehkan Kekuatan Nuklir China

26 Sep 2024 19:36 wib. 41
0 0
Keberhasilan China uji coba peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) dinilai memiliki pesan yang kuat bagi AS dan sekutunya
Sumber foto: website

China baru-baru ini berhasil meluncurkan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM), yang dianggap mewakili pesan yang kuat dan peringatan bagi Amerika Serikat (AS) dan sekutunya. Tindakan China ini menegaskan bahwa kekuatan nuklir mereka tidak bisa dianggap remeh.

Analis rudal nuklir, Ankit Panda, berpendapat bahwa meskipun tindakan China mungkin tidak semata-mata untuk mengirim pesan politik, namun hal ini tanpa keraguan akan menjadi pengingat yang signifikan bagi kawasan tersebut, serta AS, tentang perubahan dinamika nuklir di Asia yang berlangsung dengan cepat.

Tidak hanya itu, analis lain menyatakan bahwa uji coba ini merupakan sebuah peringatan bagi AS dan sekutunya di kawasan tersebut.

Menurut Leif-Eric Easley, seorang profesor hubungan internasional di Universitas Wanita Ewha di Korea Selatan, pesan yang disampaikan kepada Washington adalah bahwa intervensi langsung dalam konflik di Selat Taiwan akan membuat AS rentan terhadap serangan.

“Bagi sekutu AS di Asia, uji coba provokatif tersebut menunjukkan kemampuan China untuk bertempur di berbagai medan secara bersamaan,” tambahnya. Selain itu, Drew Thompson, seorang peneliti senior di Sekolah Studi Internasional S. Rajaratnam di Singapura, menulis bahwa "waktu adalah segalanya."

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

BI Bebaskan Uang Muka Kredit Rumah
0 Suka, 0 Komentar, 29 Jun 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.