Tampang

Cyril Ramaphosa Melantik Diri Sebagai Presiden Afrika Selatan untuk Ketiga Kalinya

21 Jun 2024 10:57 wib. 157
0 0
Cyril Ramaphosa Melantik Diri Sebagai Presiden Afrika Selatan untuk Ketiga Kalinya
Sumber foto: google

Cyril Ramaphosa akan kembali dilantik menjadi presiden Afrika Selatan untuk ketiga kalinya pada hari ini, Rabu (19/6) usai gonjang-ganjing politik di negara tersebut. Pelantikan tersebut akan menjadi momen bersejarah bagi negara tersebut dan juga bagi Ramaphosa sendiri. Selama prosesi pelantikan, Ramaphosa akan juga ditemani oleh para diplomat, pejabat asing, pemimpin agama dan adat, serta pihak dari pusat pemerintahan.

Menurut Kepresidenan Afrika Selatan, hampir 20 kepala negara dan pemerintahan telah memberi konfirmasi untuk hadir di acara pelantikan Ramaphosa. Sejumlah negara seperti China, Mesir, Kuba, Zimbabwe, hingga Palestina akan diwakili oleh pejabat tingkat tinggi. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya momen pelantikan tersebut, baik bagi Afrika Selatan maupun bagi hubungan bilateral dengan negara-negara lain.

Pelantikan ini berlangsung setelah Ramaphosa berhasil memperoleh suara mayoritas di parlemen pekan lalu. Namun, hal ini tidak terjadi begitu saja, mengingat pemilu tak menghasilkan pemenang langsung pada saat itu.

Pemilu di Afrika Selatan berlangsung pada bulan Mei, di mana warga memilih anggota Majelis Nasional dan badan legislatif negara bagian. Namun, hasil pemilu menunjukkan bahwa partai Ramaphosa, yaitu Kongres Nasional Afrika (ANC), hanya mendapat sekitar 40 persen suara. Untuk pertama kalinya sejak 1994, partai ini tidak meraih suara mayoritas.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Awas Tilang Mendengarkan Musik..!!!!
0 Suka, 0 Komentar, 2 Mar 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.