Tampang

3 Negara yang Punya Rudal Hipersonik

16 Okt 2024 09:05 wib. 24
0 0
ilustrasi
Sumber foto: website

Rudal hipersonik adalah jenis peluru kendali yang dapat bergerak dengan kecepatan minimal Mach 5, atau lima kali kecepatan suara. Ini setara dengan 1,7 km per detik atau 6.174 km per jam. Meskipun beberapa rudal balistik sudah mencapai kecepatan ini, rudal hipersonik memiliki kemampuan unik karena dapat mengubah arah atau jalur terbangnya secara acak setelah memasuki kembali atmosfer bumi, sehingga membuatnya sulit diprediksi dan diantisipasi oleh sistem pertahanan musuh.

Hal ini berbeda dengan rudal balistik biasa yang biasanya mengikuti lintasan yang lebih lurus dan dapat diprediksi. Kemampuan tersebut membuat rudal hipersonik lebih sulit dideteksi oleh sistem radar dan lebih sulit dihancurkan oleh sistem pertahanan. Karena itu, banyak negara berusaha mengembangkan rudal hipersonik untuk mendapatkan keunggulan militer.

Hingga saat ini, terdapat beberapa negara yang telah memiliki rudal hipersonik, berikut beberapa di antaranya, sebagaimana dirangkum dari beberapa sumber: 

1. Amerika Serikat

Melalui Defense News, Amerika Serikat (AS) sedang mengembangkan rudal hipersonik yang mampu terbang lebih cepat dari Mach 5, dan dapat bermanuver pada berbagai ketinggian, sehingga sulit dideteksi. Angkatan Darat dan Angkatan Laut AS, bekerja sama dalam mengembangkan sistem bernama Common Hypersonic Glide Body (C-HGB), yang mencakup kepala rudal, sistem navigasi, kabel, dan pelindung termal.

Saat ini, Angkatan Darat AS menargetkan satu uji coba besar lagi untuk senjata rudal hipersonik ini sebelum akhir 2024, untuk menentukan apakah rudal hipersonik tersebut akan disiapkan dan digunakan oleh unit militer pertama AS pada tahun yang akan datang. Meskipun terjadi beberapa penundaan dan kegagalan dalam uji coba sebelumnya, seperti pada bulan Maret, Oktober, dan November tahun lalu, para pejabat AS tetap optimis bahwa rudal ini akan segera dapat digunakan.

Jika uji coba berikutnya berhasil, rudal tersebut akan dimasukkan ke dalam unit operasional sebagai kemampuan awal.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tidur
0 Suka, 0 Komentar, 27 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.